Pada artikel ini akan diperkenalkan salah satu teknik pengolahan data yang efektif menggunakan Manajemen data yang akan dikemukakan kali ini adalah pengolahan data gaji karyawan/pegawai yang bekerja otomatis menampilkan data pada kolom dan baris menggunakan microsoft office excel.
Untuk membahas sekaligus mempraktekan materi ini dibutuhkan dua buah tabel Excel. Dua buah tabel ini nantinya akan saling berhubungan dan bergantungan satu sama lainnya untuk menghasilkan dan menampilkan data (database). Data yang akan tampil secara otomatis tersebut merupakan kombinasi dari beberapa dalam excel. Formula-formula yang akan dipergunakan pada materi ini yaitu If, Right, Mid, Left dan Vlookup. Untuk menunjang bekerjanya formula-formula tersebut kemudian dikombinasikan lagi dengan beberapa kode yang akan berfungsi mengelola data dari tabel sumber data. Kode ini dibuat hanya untuk efisiensi kata saja.
Untuk membahas sekaligus mempraktekan materi ini dibutuhkan dua buah tabel Excel. Dua buah tabel ini nantinya akan saling berhubungan dan bergantungan satu sama lainnya untuk menghasilkan dan menampilkan data (database). Data yang akan tampil secara otomatis tersebut merupakan kombinasi dari beberapa dalam excel. Formula-formula yang akan dipergunakan pada materi ini yaitu If, Right, Mid, Left dan Vlookup. Untuk menunjang bekerjanya formula-formula tersebut kemudian dikombinasikan lagi dengan beberapa kode yang akan berfungsi mengelola data dari tabel sumber data. Kode ini dibuat hanya untuk efisiensi kata saja.
Untuk lebih mudah memahami materi yang dibahas di sini ikuti langkah-langkahnya berikut ini:
1. Buka Excel
2. Buat dua buah tableyang terdiri dari:
Kolom A 5: Kode
Kolom B 5: Nama Karyawan/Pegawai
Kolom C 5: Jabatan
Kolom D 5: Status
Kolom E 5: Gol (Golongan)
Kolom F 5: Gapok (Gaji Pokok)
Kolom G 5: Tunjangan
Kolom H 5: Astek
Kolom I 5: Gaji Bersih
Tabel dua ini terdiri dari 3 (tiga) kolom, yaitu:
Gol
Gapok
Tunjangan
3. Tetapkan Kode. Kode yang ditetapkan ini sebagai penunjang bekerjanya formula-formula untuk mengolah dan menampilkan data pada tabel I. Untuk materi ini akan pergunakan kode-kode berikut ini. AKT, ADM, SAL, OPE dijadikan sebagai kode Jabatan Karyawan/Pegawai. Kode-kode ini akan beroperasi secara otomatis pada Tabel I kolom C (Jabatan) yang merupakan kombinasi dua formula yaitu formula If dan Left A dijadikan sebagaikode Golongan Keyawan/Pegawai. Kode ini akan berfungsi untuk menampilkan data pada tabel I kolom E Data yang tampil pada kolom E merupakan data yang bersumber dari tabel II dengan menggunakan formula MID K dijadikan sebagai kode Status Karyawan/pegawai. Kode ini merupakan sumber data kolom D. Formula yang dipergunakan untuk kode ini adalah IF
Karena materi ini menggunakan kombinasi formula, penulisan dapat dilakukan seperti berikut ini.
Contoh: AKT-A-T.
Sedangkan pada tabel I, kolom yang disebutkan di bawah ini adalah hitungan yang lazimnya ditempuh dalam microsoft office excel. Kolom-kolom tersebut, yaitu:
Tunjangan yaitu 10% dari Gapok.
Astek adalah 2 % dari Gapok
Gaji Bersih adalah Gaji Pokok+Tunjangan+ Astek
4. Input/isi data tabel I kolom A dan B secara manual sesuai dengan Kode yang ditetapkan di atas. Teknik penulisannya lakukan seperti contoh pada langkah 3 di atas.
5.Pada kolom C 6 (Jabatan) input dengan formula berikut ini:
6. Pada kolom D 6 (status) input dengan formula =IF(RIGHT(A6)="K";"Menikah";"Belum Nikah")
7. Pada kolom E 6 (Gol) input dengan formula =MID(A6;5;1)
8. Pada kolom F 6 (Gapok) input dengan formula =VLOOKUP(E6;G21:I23;2)
9. Pada kolom G 6 (Tunjangan) input dengan formula =10%*F6.
10. Pada kolom H 6 (Astek) input dengan formula =2%*F6
11. Pada kolom I 6 (Gaji Bersih) input dengan formula =F6+G6+H6
Untuk row (baris) berikutnya lakukan seperti yang ditempuh mulai step 4 sampai step 11 di atas. Apabila dilakukan dengan benar tabel akan tampak seperti di bawah ini. Dan apabila salah memasukan kode pada kolom A secara otomatis khususnya pada kolom C akan muncul pesan “MAAF, KODE ANDA SALAH”
Semoga bermanfaat
Ditulis Oleh : Unknown ~ Hidup Terasa Indah Bila Saling Berbagi
Sobat sedang membaca artikel tentang
Menghitung Gaji Karyawan Secara Otomatis Menggunakan Excel 2007
. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya, TERIMA KASIH Karena sudah bersedia Memberikan Komentar untuk Blog ini... !!!
wh mantab artikel excelnya mas, insyaallah mau praktik.
ReplyDelete