Adakalanya kita dihadapkan pada
suatu masalah yang berhubungan dengan data pengeluaran, yang metode
pencatatannya di tidak terurut dalam bulan tertentu yang mungkin tertampilkan
seperti gambar berikut :
Pada gambar tersebut, bulan tidak
terurut rapi sehingga jika kita ingin menghitung beban pengeluaran untuk
masing-masing kategori, tentu akan merepotkan karena kita akan menghitungnya
satu persatu. Ada cara perhitungan yang dapat kita lakukan yaitu dengan
memanfaatkan fungsi SUMIFS pada excel 2007, bagaimana ? mungkin trick ini
dapat membantu anda.
Langkah yang dilakukan
1. Blok kolom yang berisikan bulan,
kategori dan nilai di atas kemudian sorot ribbon anda pilih menu insert, klik
table seperti icon berikut
2. Setelah kolom membentuk suatu
tabel, anda bisa membuat list pada cell tertentu yang digroup berdasarkan
kategori, contohnya pada cell F1 sampai J1, seperti tampak pada gambar berikut
:
3. Isi pada cel F2 dengan bulan yang
nilainya sama dengan tabel yang dibentuk seperti Januari (pada F2), Februari
(pada F3) dan seterusnya
4. Pada cel G2 isi dengan fungsi
sumifs() dengan format sebagai berikut :
SUMIFS(
the_range_to_sum, range_to_apply_criteria1, criteria1,
[range_to_apply_criteria2, criteria2], … )
Dengan mengikuti
format tersebut, pada pada cell G2 kita isi dengan :
=SUMIFS(table1[nilai];table2[Kategori];G$1;Table1[bulan];$F2)
5. Copy kan cara tersebut di atas
untuk kolom Biaya makan, Fotocopy, dan Transfer dana sehingga akan menghasilkan
nilai sebagai berikut :
Dengan pemanfaatan fungsi sumifs()
ini, maka pengelompokan suatu kolom berdasarkan jenis pengeluarannya akan dapat
terlihat lebih jelas !
Cobalah !!
Ditulis Oleh : Unknown ~ Hidup Terasa Indah Bila Saling Berbagi

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya
Ms.Office Exel
- Penggunaan RUMUS Menghitung WAKTU Pada Microsoft Excel
- Cara Membuat Mail Merge Microsoft Office 2010
- Fungsi ISERROR Pada Excel
- Cara Membuat Alert Teks Dalam Excel 2007
- Cara Cepat Mencari dan Mengganti Teks atau Angka Secara Otomatis Dalam Excel 2007
- Cara Membuat Grafik Dalam Microsoft Office Excel 2007
- Cara Menghitung Character Menggunakan Excel 2007
- Menghitung Gaji Karyawan Secara Otomatis Menggunakan Excel 2007
- Download buku panduan excel 2007 (ebook gratis versi pdf)
- Rumus VLOOKUP Excel dan HLOOKUP Excel
- Exploring Excel Option and Shortcut
- Test Kondisi Fungsi IF pada Excel
- Menggunakan fungsi IF, LEN dan REPLACE di excel 2007
- Menjumlahkan nilai teks berdasarkan kriteria sebagian teks dengan SUMIF dan COUNTIF
- Cara membuat grafik sinus di excel 2007
- Fungsi IF sederhana di excel 2007
- Istilah-istilah dalam Excel
- Tutorial Cara Membuat pengolahan data penelitian dengan Microsoft Excel
- Tutorial cara membuat HISTOGRAM / garfik pada excell
- 50 jurus rahasia excel
- Tutorial Filter Excel Tingkat Lanjut
- Tutorial Menjumlahkan berdasarkan warna Di XL
- Tutorial Cara membuat Daftar Bergambar Vlookup
0 komentar :
Post a Comment
MOHON DI BACA
Semoga anda adalah pembaca yang baik hati jika berkenan tinggalkanlah komentar untuk saya
1. Gunakan pilih nama/url pada pemilihan nama jika anda tidak memiliki blog
2. Sebisa mungkin jangan menggunakan id anonim atau id falsu
3. Mohon komentar tidak mengandung sara,spam dan kata-kata yang tidak pantas di ucapkan
4. Jika komentar tidak pantas di tampilkan admin akan menghapus komentar yang sudah ada.
5. Komentar anda merupakan motipasi bagi kelangsungan blog ini.